Apa Sih Iklan itu???
Iklan adalah salah
satu cara komunikasi oleh seseorang (perorangan), perusahaan maupun instansi
atau lembaga yang biasanya digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi
dengan bentuk yang sangat menarik agar masyarkat tertarik untuk menggunakan apa
yang dimuat didalam iklan tersebut.
A. Jenis- Jenis Iklan
A. Jenis- Jenis Iklan
1. Jenis Iklan berdasarkan Isi
Berdasarkan isinya, iklan dapat dibedakan menjadi 3 jenis yaitu sebagai berikut.
Berdasarkan isinya, iklan dapat dibedakan menjadi 3 jenis yaitu sebagai berikut.
a. Iklan pengumuman atau
pemberitahuan,
yaitu iklan yang bertujuan menarik perhatian khalayak umum tentang suatu hal
pemberitahuan, misalnya iklan lowongan pekerjaan.
b.
Iklan penawaran (niaga), yaitu iklan yang bertujuan menawarkan
sesuatu, misalnya iklan barang niaga.
c.
Iklan layanan masyarakat, yaitu iklan yang bertujuan untuk
memberikan penerangan tentang suatu hal, misalnya iklan larangan narkoba dan
seks bebas.
2. Jenis Iklan berdasarkan Media
yang Digunakan
Berdasarkan
media yang digunakan, iklan dapat dibedakan menjadi 4 macam diantaranya sebagai
berikut.
a.
Iklan
radio, yaitu iklan yang disampaikan dengan efek suara.
b. Iklan media cetak,
yaitu iklan yang menggunakan efek cetak dan gambar.
Contoh
iklan media cetak dapat ditemukan pada koran, majalah atau brosur.
c. Iklan televisi, yaitu
iklan yang menggunakan efek suara, gambar, dan juga teks.
d. Iklan baris, yaitu
iklan yang disampaikan dalam sebuah kolom pada media massa cetak dan hanya
terdiri atas beberapa baris. Biayanya pun berdasarkan jumlah baris yang
digunakan. Pada masa sekarang iklan baris juga dapat ditemukan pada media
elektronik seperti iklan Running teks pada televisi.
B. Syarat Iklan
Syarat sebuah iklan adalah sebuah acuan
atau hal yang harus dipenuhi agar sesuatu itu dapat dikatakan sebagai iklan.
Sesuatu dapat dikatakan sebagai iklan jika memenuhi 2 syarat berikut.
1.
Isinya
bersifat objektif, jujur, singkat, jelas, menarik perhatian, tidak menyinggung
perasaan orang lain.
2.
Bahasa
iklan harus berkonotasi positif, mudah diingat, mudah dipahami, dan menimbulkan
sikap penasaran bagi khalayak ramai.
Kalimat-kalimat yang
umumnya dipergunakan oleh bahasa iklan adalah kalimat yang menarik atau kalimat
yang mengajak pembacanya untuk mengikuti apa yang ditulis atau disarankan oleh
pembuat iklan.
Iklan memiliki fungsi
untuk mempromosikan sesuatu. Di dalam iklan terdapat kata kunci serta gambar
yang mendukung kata kunci tersebut. Kalimat yang menarik dan mudah dipahami
serta gambar yang menarik menjadi hal penting dalam sebuah iklan. Kalimat yang
bersifat persuasif atau mengajak sangat penting untuk ditampilkan. Kalimat
tersebut bertujuan untuk menarik minat pembaca akan maksud yang ingin
disampaikan dalam suatu iklan.
C. Unsur – Unsur dalam Iklan
C. Unsur – Unsur dalam Iklan
a. Judul
Judul didalam teks iklan berada pada bagian yang
paling atas, akan tetapi tidak seluruhnya iklan menampilkan judul, sebagian
menampilkan nama produk tepat di bagian paling atas dari teks iklan tersebut.
b. Nama produk
Pada bagian ini di dalamnya berisi dengan nama
produk yang akan di promosikan atau diiklankan.
c. Penjelasan mengenai produk
Pada bagian ini di dalamnya berisikan dengan
penjelasan singkat / deskripsi tentang produk yang akan di promosikan /
diiklankan, yang mana dalam hal ini meliputi seperti :
1.
Spesifikasi detail produk
2. Cara
untuk bisa mendapatkan produk yang dipromosikan / diiklankan
3. Alamat
yang bisa dikunjungi
4.
Contact person atau nomor telephone yang bisa dihubungi.
Komentar
Posting Komentar