Apa Sih Iklan itu???


Iklan adalah salah satu cara komunikasi oleh seseorang (perorangan), perusahaan maupun instansi atau lembaga yang biasanya digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi dengan bentuk yang sangat menarik agar masyarkat tertarik untuk menggunakan apa yang dimuat didalam iklan tersebut.
A Jenis- Jenis Iklan
1.  Jenis Iklan berdasarkan Isi
Berdasarkan isinya, iklan dapat dibedakan menjadi 3 jenis yaitu sebagai berikut.
a.    Iklan pengumuman atau pemberitahuan, yaitu iklan yang bertujuan menarik perhatian khalayak umum tentang suatu hal pemberitahuan, misalnya iklan lowongan pekerjaan.
b.    Iklan penawaran (niaga), yaitu iklan yang bertujuan menawarkan sesuatu, misalnya iklan barang niaga.
c.    Iklan layanan masyarakat, yaitu iklan yang bertujuan untuk memberikan penerangan tentang suatu hal, misalnya iklan larangan narkoba dan seks bebas.

2.  Jenis Iklan berdasarkan Media yang Digunakan
Berdasarkan media yang digunakan, iklan dapat dibedakan menjadi 4 macam diantaranya sebagai berikut.
a.    Iklan radio, yaitu iklan yang disampaikan dengan efek suara.
b.    Iklan media cetak, yaitu iklan yang menggunakan efek cetak dan gambar.
Contoh iklan media cetak dapat ditemukan pada koran, majalah atau brosur.
c.    Iklan televisi, yaitu iklan yang menggunakan efek suara, gambar, dan juga teks.
d.    Iklan baris, yaitu iklan yang disampaikan dalam sebuah kolom pada media massa cetak dan hanya terdiri atas beberapa baris. Biayanya pun berdasarkan jumlah baris yang digunakan. Pada masa sekarang iklan baris juga dapat ditemukan pada media elektronik seperti iklan Running teks pada televisi.

B. Syarat Iklan
Syarat sebuah iklan adalah sebuah acuan atau hal yang harus dipenuhi agar sesuatu itu dapat dikatakan sebagai iklan. Sesuatu dapat dikatakan sebagai iklan jika memenuhi 2 syarat berikut.
1.     Isinya bersifat objektif, jujur, singkat, jelas, menarik perhatian, tidak menyinggung perasaan orang lain.
2.    Bahasa iklan harus berkonotasi positif, mudah diingat, mudah dipahami, dan menimbulkan sikap penasaran bagi khalayak ramai.
Kalimat-kalimat yang umumnya dipergunakan oleh bahasa iklan adalah kalimat yang menarik atau kalimat yang mengajak pembacanya untuk mengikuti apa yang ditulis atau disarankan oleh pembuat iklan.
Iklan memiliki fungsi untuk mempromosikan sesuatu. Di dalam iklan terdapat kata kunci serta gambar yang mendukung kata kunci tersebut. Kalimat yang menarik dan mudah dipahami serta gambar yang menarik menjadi hal penting dalam sebuah iklan. Kalimat yang bersifat persuasif atau mengajak sangat penting untuk ditampilkan. Kalimat tersebut bertujuan untuk menarik minat pembaca akan maksud yang ingin disampaikan dalam suatu iklan.
C. Unsur – Unsur dalam Iklan
a. Judul
Judul didalam teks iklan berada pada bagian yang paling atas, akan tetapi tidak seluruhnya iklan menampilkan judul, sebagian menampilkan nama produk tepat di bagian paling atas dari teks iklan tersebut.

b. Nama produk
Pada bagian ini di dalamnya berisi dengan nama produk yang akan di promosikan atau diiklankan.

c. Penjelasan mengenai produk
Pada bagian ini di dalamnya berisikan dengan penjelasan singkat / deskripsi tentang produk yang akan di promosikan / diiklankan, yang mana dalam hal ini meliputi seperti :
1. Spesifikasi detail produk
2. Cara untuk bisa mendapatkan produk yang dipromosikan / diiklankan
3. Alamat yang bisa dikunjungi
4. Contact person atau nomor telephone yang bisa dihubungi. 

Komentar